PENANGANAN LIMBAH DAN PENGELOLAAN SANITASI

1. Nama Perusahaan : PT. Tirtamas Megah Temanggung
2. Alamat Perusahaan : Jl. Raya Pikatan Mudal Temanggung
3. Produk yang Dihasilkan : Produk Air Dalam Kemasan ( AMDK )
Merk ( TOTAL, ATLANTIC, FANTASI, CLASS, INDOMARET )

A. Penanganan Limbah
Limbah adalah bahan sisa pada suatu kegiatan dan atau proses produksi. Limbah bahan berbahaya dan beracun adalah setiap limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang karena sifat dan kosentrasinya atau jumlahnya baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau dapat membahayakan kesehatan manusia (Anonim, 1994).
1. Jenis Limbah
a) Limbah cair (air limpahan)
b) Limbah padat (plastic lid atau cup)
2. Cara Penanganan Limbah
a) Limbah cair (air limpahan)
Bahan-bahan sisa produksi air minum dalam kemasan yang berupa air limpahan dari proses terutama pada proses pengisian air pada cup dan gallon tidak akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan langsung dialirkan ke luar pabrik dan dilakukan pengepelan.
b) Limbah padat (plastic lid atau cup)
Limbah padat yang dihasikan oleh PT. Tirtamas Megah Temanggung hanya berupa plastic lid dan cup. Sampah ini dikumpulkan, lalu ditempatkan di tempat yang khusus dan kemudian akan diambil oleh pengumpul (dijual).

B. Pengelolaan Sanitasi ( Hygiene )
Sanitasi didefinisikan sebagai pengendalian yang terencana terhadap lingkungan produksi, bahan-bahan baku, peralatan dan pekerja untuk mencegah pencemaran hasil olah, mencegah terlanggarnya estetika konsumen serta mengusahakan lingkungan kerja yang bersih, aman dan nyaman (Kamarijani, 1983).
 Sanitasi Bahan Baku
Sanitasi bahan baku di PT. Tirtamas Megah Temanggung meliputi :
 Menempatkan sumber air dalam suatu bangunan / ruangan tertutup
 Mengisolasi air sumber dengan menutupnya menggunakan tembok beton
 Dilakukan penjagaan oleh tenaga pengaman
 Dilakukan pembersihan sumber setiap satu bulan sekali
 Air yang digunakan untuk bahan baku benar-benar berasal dari sumber bukan dari luapan air sumber.
 Sanitasi Alat/Mesin
Peralatan yang digunakan di PT. Tirtamas Megah Temanggung hamper seluruhnya terbuat dari stainless steel. Hal ini untuk mempermudah dalam pembersihan dan tidak menimbulkan karat. Pembersihan mesin dan peralatan dilakukan setiap hari sebelum dan sesudah digunakan untuk proses produksi. Sanitasi alat dan sarana produksi biasanya dibersihkan dengan menggunakan desinfektan 4 cc/liter, diawal dan akhir produksi. Untuk perawatan yang berupa tangki raw water, tangki penampungan dibersihkan minimal satu bulan sekali dengan menggunaka OXXY 200 (zat aktif Peroxyda Acetic) 0,45% selama 45 menit begitu juga dengan filter tank dan nozzle. Begitu juga dengan alat laboratorium setelah digunakan alat-alat uji selalu dicuci dengan detergent.
 Sanitasi Pekerja
Usaha yang dilakukan perusahaan untuk menjaga kebersihan dan sanitasi pekerja tersebut antara lain :
 Hair Net yang berfungsi untuk menutup kepala, mencegah rambut yang rontok pada saat pengolahan tidak terikut pada produk
 Sarung tangan dan sepatu boot yang kedap air untuk melindungi tangan dan kaki pekerja serta mencegah kontaminasi bahan yang diolah
 Wear pack khusus pada pakerja pengisian cup untuk menghindari kontak langsung antara produk dengan pakaian pekerja sehingga pekerja selalu dalam keadaan bersih
 Masker untuk melindungi agar produk tidak terkontaminasi oleh udara yang keluar dari mulut dan hidung pekerja
 Jas, sarung tangan dan masker harus sering dicuci agar selalu bersih
 Alcohol 70% digunakan untuk menyemprot tubuh pekerja apabila akan memasuki ruang produksi
 Laboran di dalam laboratorium harus selalu mencuci tangan dengan alcohol sebelum dan sesudah
 Petugas lab saat melakukan pengujian harus dilengkapi jas laboratorium, masker dan hair net
 Pekerja tidak boleh merokok atau minum ketika berada di ruang kerja terutama di dalam ruang pengisian
 Pekerja yang sedang sakit tidak boleh masuk kerja (area pabrik)
 Sanitasi Lingkungan
 Sanitasi yang digunakan untuk ruang pengisian cup dilakukan dengan cara menyemprotkan desinfektan yang berupa MS Quart (zat aktif Chlorine) sebanyak 4 ml dalam 1 liter setiap 1 jam sekali. Selain itu ruangan pengisian juga diisi dengan cleaning room / penghembusan udara yang berfungsi untuk menaikkan tekanan udara dari luar sehingga mikroba tidak dapat masuk. Untuk ruangan laboratorium tidak setiap orang diperkenankan masuk dan harus melepas alas kaki saat memasuki ruangan.
 Lingkungan PT. Tirtamas Megah Temanggung cukup baik karena letaknya jauh dari pencemaran dan pusat kota. Terdapat saluran pembuangan air yang dialirkan menuju selokan yang berada diluar pabrik. Untuk menghindari debu maka halaman / pekarangan disiram dengan air sedangkan bagian dalam pabrik secara rutin selalu dibersihkan oleh cleaning service dan sampah-sampah sisa produksi yang tidak layak pakai dikumpulkan kemudian dijual pada penampung.

About these ads